Sabtu, 12 Juni 2010

Elemen Air dalam Desain Taman


Water-Feature-Villa-Air-Bali

Kehadiran elemen air sebagai salah satu elemen lansekap dari taman kita, merupakan hal yang penting untuk menghidupkan suasana eksterior sekaligus dapat menyejukkan suasana interior rumah kita. Elemen air dapat melengkapi desain taman kita walaupun terkadang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan sedikit meluangkan area taman, kita dapat membuatnya dengan sangat sederhana. Macam-macam elemen air antara lain ; water feature, clear pond (kolam ikan), kolam dengan tanaman air, kolam renang, air terjun dan lain sebagainya.

Water feature

Urn-Water-FeaturesMacam-macam water feature seperti kolam dilengkapi dengan waterspout, bejana, batu ukir, pot, dan patung merupakan salah satu cara menampilkan elemen air di taman kita. Water feature dapat kita letakkan di depan rumah maupun di depan ruang keluarga. Kita dapat membuatnya dengan desain yang sedehana, namun tidak melepaskan unsur estetika dalam tampilannya.

Kolam ikan dan tanaman air

Waterplants-at-PondMungkin Anda sebagian memiliki hobbi memelihara ikan dan pecinta tanaman air, kolam air merupakan elemen air yang dapat Anda buat. Namun terkadang jika kita kurang perawatan dan sirkulasi air yang buruk dapat menjadi sangat kotor dan berbau. Untuk kolam ikan kita dapat membuat sirkulasi air dengan pemasangan pipa di dasar kolam dan pemberian dua jenis gravel dan filter fabric agar kolam ikan kita nantinya tidak kotor dan berbau. Dan untuk pecinta tanaman air, buatlah kolam tanaman air sesuai dengan keinginan Anda. Tapi perlu diperhatikan seperti kolam ikan, Anda dapat mencegah kotoran yang akan naik dengan lapisan filter fabric ditambah dengan gravel atau batu pipih di atasnya.

Swimming pool

Kolam-renangNah, untuk yang satu ini Anda kemungkinan besar harus menyediakan lahan yang luas. Namun tidak menutup kemungkinan kita bisa membuat kolam renang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam renang adalah

  • Sebaiknya membuat kolam renang untuk keluarga tidak lebih dari 1,4 meter kedalaman airnya.
  • Anda juga dapat membuat Kids pool jika mempunyai anak dan kedalam air tidak lebih dari 0,5 meter.
  • Usahakan membuat kolam renang dengan tinggi tidak lebih dari level lantai teras.
  • Buat sirkulasi yang baik pada kolam, dan lebih baik tanyakan pada ahlinya.

Aqua Shower dan Waterfall

WATERSPOUT BY WATERFALL COMPANYKita dapat berimprovisasi dengan pembuatan shower pada kolam maupun air terjun. Namun sayangnya pembuatannya memerlukan biaya agak mahal karena Anda harus memesan dari luar negeri.